Jumat, 08 Mei 2020

Persiapan Ujian Masuk Perguruan Tinggi


Tidak terasa sudah memasuki bulan Mei. Setelah mengikuti ujian pengganti UNBK Paket C 2020 karena dampak dari pandemi virus corona, aku sedang mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi. Meskipun dilakukan di bulan Ramadan, tidak menyurutkan niat aku untuk melakukan persiapan tersebut.

Sebelum melakukan persiapan tersebut, aku harus mengikuti ujian pengganti UNBK Paket C 2020 berupa ujian daring dan ujian praktek. Ujian daring diselenggarakan oleh pihak PKBM, yang dilaksanakan pada 11 April 2020 hingga 19 April 2020 (kemudian dipersingkat hingga 18 April 2020) dengan ketentuan boleh mengerjakan ujian maksimal dua mata pelajaran dalam satu hari. Ada sembilan mata pelajaran yang diujikan dalam ujian daring ini, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Pendidikan Agama Islam, Sejarah, dan PKN. Untuk aku, ujian daring ini dikerjakan selama lima hari, yaitu sejak 11 April 2020 hingga 15 April 2020. Selanjutnya peserta ujian Paket C 2020 diharuskan mengikuti ujian praktek dimana peserta diwajibkan mengkreasikan jenis keterampilan siap pakai. Untuk ujian praktek ini, aku mengkreasikan tempat pensil dari bahan bekas toples makanan dengan menggambar sketsa Doraemon dan kawan-kawannya.

Kembali ke persiapan menuju ujian masuk perguruan tinggi. Aku mulai mempersiapkan diri untuk berlatih soal-soal ujian masuk perguruan tinggi sejak awal Mei 2020 sambil menunggu apakah aku lulus ujian Paket C atau tidak. Materi belajar yang aku pakai untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi adalah sebuah aplikasi bimbingan belajar daring yang bisa dipakai di ponsel pintar dan laptop.

Jenis ujian masuk perguruan tinggi yang akan aku ikuti adalah SBMPTN, sebagai pilihan utama aku. Pilihan keduaku adalah mengikuti ujian mandiri yang diselenggarakan oleh PTN masing-masing, buat antisipasi apabila aku gagal masuk PTN melalui jalur SBMPTN. Itu pun kalau keluargaku mengizinkan aku untuk mengikuti ujian mandiri. Sedangkan pilihan berikutnya adalah masuk perguruan tinggi swasta.

Harapan aku untuk tahun ini adalah lulus ujian Paket C dan juga masuk perguruan tinggi baik negeri ataupun swasta. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar